Urgensi Pedagogi Dalam Pendidikan Nasional

 

Pedagogi Pendidikan Nasional 

Urgensi Pedagogi Dalam Pendidikan Nasional

Pedagogi adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan teori dan praktik pendidikan (Zogla, 2018). Pedagogi berkaitan erat dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar. Kualitas pembelajaran tergantung pada pedagogi, oleh karena itu guru harus menggunakan strategi pedagogis yang relevan dalam pengajaran mereka (Trifonas, 2002)


Pedagogi dalam perspektif ilmu pendidikan

Strategi pedagogis berasal dari teori pedagogis, oleh karena itu setiap guru harus memiliki pengetahuan tentang teori pedagogi (Rutto, 2017). Pedagogi yang dijelaskan diatas merupakan pedagogi dalam perspektif ilmu pendidikan. Arah berikutnya adalah bahwa ilmu pendidikan (pedagogi) dijadikan sebagai dasar pendidikan di Indonesia. 


Kualitas pembelajaran merupakan kunci untuk proses pendidikan

Karena Kualitas pembelajaran merupakan kunci untuk proses pendidikan. Guru sebagai pelaksana pendidikan di Indonesia, maka harus mempunyai dasar-dasar ilmu pendidikan diantaranya adalah pedagogi. Pemerintah Indonesia mewajibkan guru memiliki kompetensi Pedagogi. Hal itu sebagai wujud tanggung jawab guru untuk berperan dalam pendidikan nasional. 

Kriteria guru harus memiliki kompetensi pedagogi

Kriteria guru harus memiliki kompetensi pedagogi yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen dijelaskan bahwa Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya


terciptanya generasi madani Indonesia


Unsur-unsur pedagogi yang disebutkan dalam undang-undang tersebut digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Menurut Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjelaskan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Muara dari tujuan nasional inilah tiada lain adalah terciptanya generasi madani Indonesia.


Penulis: Failasuf Fadli

Post a Comment for "Urgensi Pedagogi Dalam Pendidikan Nasional"