Definisi Teknologi Pendidikan Menurut AECT

 


Definisi teknologi pendidikan menurut AECT

Daftar Isi

  1. Teknologi Pendidikan AECT 1963
  2. Teknologi Pendidikan CIT 1970
  3. Teknologi Pendidikan AECT 1972
  4. Teknologi Pendidikan AECT 1977
  5. Teknologi Pendidikan AECT 1994
  6. Teknologi Pendidikan AECT 2004
  7. Teknologi Pendidikan AECT 2008

Dalam perspektif etimologi, teknologi pendidikan memiliki banyak definisi. Dari berbagai definisi tersebut yang biasa dijadikan acuan adalah definisi teknologi pendidikan yang disepakati dalam forum Assosiation for Educational Communication and Technology (AECT).

Definisi yang disepakati oleh AECT dari waktu ke waktu mengalami perubahan, hal itu seiring dengan perkembangnya teknologi. Beberapa definisi teknologi pendidikan yang telah disepakati dalam forum AECT diantaranya:

AECT 1963

Komunikasi audio visual adalah cabang teori dan praktik pendidikan yang berkaitan dengan desain dan penggunaan pesan yang mengontrol proses pembelajaran.

Definisi 1963 ini masih menggunakan terma komunikasi audio visual, karena pada waktu itu belum disepakati istilah teknologi pendidikan. Komunikasi audio visual lebih difokuskan pada desain dan pesan. Kedua bidang atau kawasan tersebut dijadikan untuk mengorganisasi kegiatan pembelajaran. Pada definisi 1963 ini lebih cenderung teknologi pendidikan didefinisikan sebagai sebuah piranti/media/alat.


Comission on Instruction Technology (CIT) 1970

Teknologi instruksional  adalah cara sistematis untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses total belajar dan mengajar dalam hal tujuan tertentu, berdasarkan penelitian dalam pembelajaran dan komunikasi manusia dan menggunakan kombinasi dari sumber daya manusia dan non-manusia untuk menghasilkan instruksi yang lebih efektif.

Pada definisi 1970, terma yang digunakan adalah teknologi instruksional atau teknologi pembelajaran. Pada definisi ini ttitik tekannya adalah bagaimana caranya agar proses pembelajaran lebih efektif untuk mencapai tujuan dengan menggunakan sumber daya manusia ataupun piranti/media pembelajaran. 

 

AECT 1972

Teknologi pendidikan adalah bidang yang terlibat dalam fasilitasi pembelajaran manusia melalui identifikasi sistematis, pengembangan, organisasi dan pemanfaatan berbagai sumber belajar dan melalui pengelolaan proses pembelajaran.

Definisi 1972 menggunakan terma teknologi pendidikan, pada definisi ini difokuskan pada pengelolaan pembelajaran yang memanfaatkan berbagai sumber belajar yang ada dilingkungan. Pada definisi ini tidak menyinggung tentang media atau piranti pembelajaran, sehingga definisi teknologi pendidikan 1972 secara umum diartikan sebagai sebuah non piranti yakni suatu sistem/cara/prosedur.


AECT 1977

Teknologi pendidikan adalah proses yang kompleks dan terintegrasi, yang melibatkan orang, prosedur, ide, perangkat, dan organisasi, untuk menganalisis masalah dan merancang, menerapkan, mengevaluasi, dan mengelola solusi untuk masalah tersebut, yang terlibat dalam semua aspek pembelajaran manusia.

Pada definisi 1977, teknologi pendidikan ditafsirkan sebuah proses yang kompleks dengan menggunakan prosedur maupun piranti untuk mencari solusi atas permasalahan. Proses pencarian solusi tersebut dikelola dari mulai perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi pembelajaran.


AECT 1994

Teknologi instruksional adalah teori dan praktek desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi proses dan sumber daya untuk belajar.

Definisi AECT pada tahun 1994 menggunakan istilah teknologi pembelajaran. Definisi tersebut fokus pada kawasan teknologi pembelajaran. Ada lima kawasan desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi. Jadi teknologi pembelajaran tidak hanya fokus pada media atau teknologi pembelajaran saja, melainkan semua pengelolaan pembelajaran yang ada dalam bagian lima kawasan tersebut dapat dikatakan bidang garapan teknologi pendidikan.


AECT 2004

Teknologi pendidikan suatu studi dan etika praktik yang meliputi proses penciptaan, penggunaan, pengelolaan sumber daya untuk meningkatkan pembelajaran.

Definisi 2004, teknologi pendidikan terdapat kata penciptaan, hal ini merupakan ikhtiar untuk membentuk manusia yang kreatif dan produktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil yang dicipta dalam definisi 2004 ini adalah suatu teori/sistem/prosedur ataupun piranti/media.

AECT 2008

Teknologi pendidikan adalah studi dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber daya teknologi yang tepat.

Definisi teknologi pendidikan 2008 sekilas hampir sama dengan 2004, namun jika dicermati terdapat perbedaan yaitu penggunaan teknologi yang tepat. Hal itu seiring banyaknya perkembangan teknologi, sehingga pembelajar harus dapat memilih teknologi tepat bagi dirinya baik dari segi karakteristik maupun segi usia.

Penulis: Failasuf Fadli


#teknologipendidikan #definisiteknologipendidikanmenurutaect #tekpend #aect #teknologipembelajaran #teknologipendidikanadalah #teknologipendidikandiindonesia #teknologipendidikanbelajarapa 

5 comments for "Definisi Teknologi Pendidikan Menurut AECT"

  1. Cukup membantu mengenai teknologi pendidikan

    ReplyDelete
  2. Membantu dalam mengetahui definisi teknologi pendidikan dari waktu ke waktu

    ReplyDelete
  3. Sangat membantu bagi pemuda zaman sekarang,karena tidak semua generasi muda mengerti akan teknologi zaman dahulu.

    ReplyDelete
  4. Setelah membacanya kita akan mengetahui apa itu teknologi pendidikan dan dapat mengetahui bagaimana mengaplikasikan teknologi pendidikan dalam pembelajaran dari tahun 1963 sampai 2008

    ReplyDelete
  5. Dari artikel tersebut bisa disimpulkan bahwa, seiring banyaknya macam teknologi, pembelajar harus bisa menentukan pendidikan bagi dirinya sesuai dengan situasi dan kondisi yang dialaminya

    ReplyDelete